Kamis, 21 Juni 2012
Entrepreneur_anak lalan: FILSAFAT PENDIDIKAN / BAHASA INDONESIA / PGRI PALE...
Entrepreneur_anak lalan: FILSAFAT PENDIDIKAN / BAHASA INDONESIA / PGRI PALE...: FILSAFAT PENDIDIKAN 1. a) Pengertian,makna,tujuan dan peranan filsafat pendidikan · Pengertian Filsafat pendidik...
anak lalan: CIRI - CIRI MANUSIA
anak lalan: CIRI - CIRI MANUSIA: JATI DIRI MANUSIA I. manusia adalah mahluk paling sempurna Memahami manusia melalui akal manusia saja akan menyebabkan kesesatan. Hal...
anak lalan: FILSAFAT PENDIDIKAN / BAHASA INDONESIA / PGRI PALE...
anak lalan: FILSAFAT PENDIDIKAN / BAHASA INDONESIA / PGRI PALE...: FILSAFAT PENDIDIKAN 1. a) Pengertian,makna,tujuan dan peranan filsafat pendidikan · Pengertian Filsafat pendidik...
FILSAFAT PENDIDIKAN / BAHASA INDONESIA / PGRI PALEMBANG
FILSAFAT PENDIDIKAN
1.
a) Pengertian,makna,tujuan dan peranan filsafat
pendidikan
·
Pengertian
Filsafat pendidikan adalah kaidah filosofis dalam bidang
pendidikan yang menggambarkan aspek-aspek pelaksanaan
falsafah umum dan menitikberatkan pada pelaksanaan
prinsip-prinsip dan kepercayaan yang menjadi dasar dari
filsafat umum dalam upaya memecahkan persoalan-persoalan
pendidikan secara praktis.
·
Makna
Makna dari filsafat
pendidikan yaitu upaya mengembangkan potensi-potensi manusiawi peserta didik baik
potensi fisik, potensi cipta, rasa, maupun karsanya, agar potensi itu menjadi
nyata dan dapat berfungsi dalam perjalanan hidupnya.
·
Tujuan
o
Memberikan
landasan dan sekaligus mengarahkan kepada proses pelaksanaan pendidikan.
o
Membantu mempejelas tujuan-tujuan pendidikan;
o
Melaksanakan kritik dan koreksi terhadap proses pelaksanaan tersebut;
o
Melakukan evaluasi terhadap metode dari proses pendidikan;
·
Peranan
Peranan
filsafat pendidikan memberikan inspirasi, yakni menyatakan tujuan pendidikan
negara bagi masyarakat, memberikan arah yang jelas dan tepat dengan mengajukan
pertanyaan tentang kebijakan pendidikan dan praktik di lapangan dengan
menggunakan rambu-rambu dari teori pendidik.
b) Hubungan antara filsafat,ilmu dan pengetahuan
Filsafat dalam usahanya mencari jawaban atas
pertanyaan-pertanyaan pokok yang kita ajukan harus memperhatikan hasil-hasil
ilmu pengetahuan. Ilmu pengetahuan dalam usahanya menemukan rahasia alam kodrat
haruslah mengetahui anggapan kefilsafatan mengenai alam kodrat tersebut.
Filsafat mempersoalkan istilah-istilah terpokok dari ilmu pengetahuan dengan
suatu cara yang berada di luar tujuan dan metode ilmu pengetahuan.
Hubungan antara filsafat dan
pendidikan terkait dengan persoalan logika, yaitu: logika formal yang dibangun atas
prinsif koherensi, dan logika dialektis dibangun atas prinsip menerima dan
membolehkan kontradiksi. Hubungan interakif antara filsafat dan pendidikan
berlangsung dalam lingkaran kultural dan pada akhirnya menghasilkan apa yang
disebut dengan filsafat pendidikan.selain itu
ilmu merupakan bagian dari filsafat, sehingga definisi tentang ilmu bergantung
pada sistem filsafat yang dianut.
2.
Kaitan
landasan dengan filsafat
·
Landasan
ontologis
Menjelaskan
pemikiran tentang asal usul kejadian
alam semesta dari mana dan ke arah mana proses kejadianya.
·
Landasan
epistemologis
Suatu
pemikiran yang menyatakan apa dan bagaimana sumber pengetahuan di
peroleh.apakah dari akal pikiran (rationalisme) atau dari Pendalaman Panca
indra (empirisme) atau dari ide ide (aliran idealisme) atau aliran dari Tuhan
(Theologisme). epistemologi adalah
bidang tugas filsafat yang mencakup identifikasi dan pengujian kriteria
pengetahuan dan kebenaran.
·
Landasan
aksiologis
Pemikiran
tentang nilai-nilai tinggi dari Tuhan,misalnya nilai moral,nilai agama,dan
nilai keindahan (estetika)
3.
a) Macam-macam aliran
·
Idealisme
Idealisme berpendapat bahwa hakikat kenyataan
dunia adalah ide yang sifatnya rohani atau intelegensi..Tentang teori
pengetahuan, idealisme mengemukakan bahwa pengetahuan yang
diperoleh melalui indera tidak pasti dan tidak lengkap
karena dunia hanyalah merupakan tiruan belaka, sifatnya maya yang menyimpang
dari kenyataan sebenarnya.Selain itu, menurut pandangan idealisme, nilai adalah
absolut. Apa yang dikatakan baik, benar, salah, cantik atau jelek secara
fundamental tidak berubah, melainkan tetap dan tidak diciptakan manusia.
Idealismememiliki tujuan pendidikan yang
pasti dan abadi, di mana tujuan itu berada di luar kehidupan manusia, yaitu
manusia yang mampu mencapai dunia cita, manusia yang mampu mencapai dan
menikmati kehidupan abadi yang berasal dari Tuhan.
·
Realisme
Aliran ini berpendapat bahwa dunia rohani dan dunia
materi merupakan hakikatyang asli dan abadi. Kneller membagi realisme menjadi
dua :
o
Realisme
rasional, memandang bahwa dunia materi adalah nyata dan berada diluar pikiran
yang mengamatinya, terdiri dari realisme klasik dan realismereligius.
o
Realisme natural ilmiah, memandang bahwa dunia yang kita amati bukan
hasilkreasi akal manusia, melainkan dunia sebagaimana adanya, dan
substansialitas,sebab akibat, serta aturan-aturan alam merupakan suatu
penampakan dari duniaitu sendiri.
·
Materialisme
Materialisme berpandangan bahwa realisme
adalah materi, bukan rohani, spiritual,atau supernatural. Cabang materialisme
yang banyak dijadikan landasan berpikir adalah positivisme yang menganggap jika
sesuatu itu memang ada, maka adanya itu adalah jumlah yang dapat diamati
dan diukur. Oleh karena itu, positivisme hanya mempelajari yang berdasarkan fakta atau data yang nyata.
·
Pragmatisme
Pragmatisme merupakan aliran paham dalam
filsafat yang tidak bersikap mutlak,tidak doktriner, tetapi relatif atau
tergantung pada kemampuan manusia. Dalam pragmatisme, makna segala sesuatu
dilihat dari hubungannya dengan apa yang dapat dilakukan, atau benar tidaknya
suatu ucapan, dalil, dan teori, semata-mata bergantung pada manusia dalam
bertindak. Menurut pragmatisme, pendidikan bukan merupakan proses pembentukan
dari luar dan juga bukan pemerkahan kekuatan laten dengan sendirinya, melainkan
proses reorganisasi dan rekonstruksi dari pengalaman individu.
·
Eksistensialisme
Eksistensialisme adalah aliran yang
menekankan pilihan kreatif, subjektivitas pengalaman manusia, dan tindakan
konkret dari keberadaan manusia atas setiap skema rasional untuk hakekat
manusia atau realitas. Menurut eksistensialisme, pengetahuan manusia tergantung
pada pemahamannya tentang realitas, interpretasinya terhadap realitas, dan
pengetahuan yang diberikan di sekolah bukan sebagai alat untuk memperoleh
pekerjaan, tetapi untuk alat pekembangan dan pemenuhan diri secara pribadi.
b) Tokoh
·
Idealisme
Tokoh-tokoh
dalam aliran ini adalah: Plato, Elea dan Hegel, Emanuael Kant, David Hume, Al
Ghazali
·
Realisme
Beberapa
tokoh yang beraliran realisme: Aristoteles, Johan Amos Comenius, Wiliam Mc
Gucken, Francis Bacon, John Locke, Galileo, David Hume, John Stuart Mill.
·
Materialisme
Beberapa
tokoh yang beraliran materialisme: Demokritos, Ludwig Feurbach.
·
Pragmatisme
Beberapa
tokoh yang menganut filsafat ini adalah: Charles sandre Peirce, wiliam James,
John Dewey, Heracleitos.
·
Eksistensialisme
Beberapa
tokoh dalam aliran ini: Jean Paul Satre, Soren Kierkegaard, Martin Buber,
Martin Heidegger, Karl Jasper, Gabril Marcel, Paul Tillich.
c) Konsep dasar
·
Idealisme
Konsep filsafat
menurut aliran idealisme adalah:
o Metafisika-idealisme;
Secara absolut kenyataan yang sebenarnya adalah spiritual dan rohaniah,
sedangkan secara kritis yaitu adanya kenyataan yang bersifat fisik dan
rohaniah, tetapi kenyataan rohaniah yang lebih dapat berperan;
o Humanologi-idealisme;
Jiwa dikarunai kemampuan berpikir yang dapat menyebabkan adanya kemampuan
memilih;
o Epistemologi-idealisme;
Pengetahuan yang benar diperoleh melalui intuisi dan pengingatan kembali
melalui berpikir. Kebenaran hanya mungkin dapat dicapai oleh beberapa orang
yang mempunyai akal pikiran yang cemerlang; sebagian besar manusia hanya sampai
pada tingkat berpendapat;
o Aksiologi-idealisme;
Kehidupan manusia diatur oleh kewajiban-kewajiban moral yang diturunkan dari pendapat
tentang kenyataan atau metafisika
·
Realisme
Konsep
filsafat menurut aliran realisme adalah:
o Metafisika-realisme;
Kenyataan yang sebenarnya hanyalah kenyataan fisik (materialisme);
kenyataan material dan imaterial (dualisme), dan kenyataan yang terbentuk dari
berbagai kenyataan (pluralisme);
o Humanologi-realisme;
Hakekat manusia terletak pada apa yang dapat dikerjakan. Jiwa merupakan sebuah
organisme kompleks yang mempunyai kemampuan berpikir;
o Epistemologi-realisme;
Kenyataan hadir dengan sendirinya tidak tergantung pada pengetahuan dan gagasan
manusia, dan kenyataan dapat diketahui oleh pikiran. Pengetahuan dapat
diperoleh melalui penginderaan. Kebenaran pengetahuan dapat dibuktikan
dengan memeriksa kesesuaiannya dengan fakta;
o Aksiologi-realisme;
Tingkah laku manusia diatur oleh hukum-hukum alam yang diperoleh melalui ilmu,
dan pada taraf yang lebih rendah diatur oleh kebiasaan-kebiasaan atau
adat-istiadat yang telah teruji dalam kehidupan.
·
Materialisme
Konsep dasarnya Yakni bahwa hakikat itu
bersifat materi. Filsafat Pendidikan Materialisme berpandangan bahwa
hakikat realisme adalah materi, bukan rohani, spiritual atau supernatural
·
Pragmatisme
o
Metafisika:
pragmatisme anti metafisika, suatu teori umum tentang kenyataan tidaklah
mungkin dan tidak perlu. Manusia adalah hasil evolusi biologis, psikologis dan
sosial.
o
Manusia:
Manusia adalah hasil evolusi biologis, pikologis, dan social.
o
Epistemologi:
pengetahuan yang benar diperoleh melalui pengalaman dan berpikir (scientific
method). Pengetahuan adalah relative.
o
Aksiologi:
ukuran tingkah laku individual dan social di tentukan secara eksperimental
dalam pengalaman hidup.
·
Eksistensialisme
filsafat harus bertitik tolak pada manusia yang
kongkret, yaitu manusia sebagai eksistensi, dan sehubungan dengan titik tolak
ini. maka bagi manusia eksistensi itu mendahului esensi. Filsafat Pendidikan
Eksistensialisme memfokuskan pada pengalaman-pengalaman individu. Secara umum,
eksistensialisme menekankan pilihan kreatif, subjektifitas pengalaman manusia
dan tindakan kongkrit dari keberadaan manusia atas setiap skema rasional untuk
hakekat manusia atau realitas.
d) Manfaatnya dalam
pendidikan
·
Idealisme
Dalam hubungannya dengan pendidikan,
idealisme memberi sumbangan yang besar tehadap perkembangan filsafat
pendidikan. Kaum idealis percaya bahwa anak merupakan bagian dari alam
spiritual, yang memiliki pembawaan spiritual sesuai potensialitasnya. Oleh
karena itu, pendidikan harus mengajarkan hubungan antara anak dengan bagian
alam spiritual. Pendidikan harus menekankan kesesuian batin antara anak dan
alam semesta. Pendidikan merupakan pertumbuhan ke arah tujuan pribadi manusia
yang ideal. Pendidik yang idealisme mewujudkan sedapat mungkin watak yang
terbaik. Pendidik harus memandang anak sebagai tujuan, bukan sebagai alat.
·
Realisme
o
Memberikan Tujuan
pendidikan: pendidikan bertujuan untuk penyesuaian diri dalam hidup dan mampu
melaksanakan tanggungjawab sosial.
o
Memberikan Kurikulum/isi
pendidikan: Harus bersifat komprehensif yang berisi sains, matematika,
ilmu-ilmu kemanusiaan dan ilmu social, serta nilai-nilai.
o
Memberikan Metode: Metode
hendaknya bersifat logis dan psikologis.
o
Memberi Peranan pendidik dan
peserta didik: Pendidik adalah pengelola kegiatan belajar-mengajar
(classroom is teacher-centered). Sedangkan peserta didik berperan untuk
menguasai pengetahuan, taat pada aturan dan berdisplin.
·
Pragmatisme
o
Tujuan
pendidikan: pendidikan adalah pertumbuhan sepanjang hayat, proses rekontruksi
yang berlangsung terus menerus dari pengalaman yang terakumulasi dan sebuah
proses social. Tujuan pendidikan adalah memperoleh pengalaman yang berguna
memecahkan masalah-masalah dalamkehidupan individual maupun social..
o
Kurikulum/isi
pendidikan: Kurikulum mungkin berubah, warisan-warisan sosial dari masa lalu
tidak menjadi fokus perhatian. Pendidiakn terfokus pada kehidupan yang baik
pada saat ini dan masa datang bagi individu, dan secara besamaan masyarakat
dikembangkan.
o
Metode:
Menguatamakan metode pemecahan masalah, penyelidikan dan penemuan.
o
Peranan
pendidik dan peserta didik: Pendidk yaitu memimpin dan membimbing pesrta didik
belajar tanpa ikut campur terlalu atas minat dan kebutuhan siswa. Peserta didik
berperan sebagai organisme yang rumit yang mampu tumbuh.
·
Materialisme
inilah awal dari dasar pendidikan Indonesia. Dimana anggapan bahwa dengan
uang yang baik maka pendidikan yang baik dapat terpenuhi. Para guru
mengingatkan siswa bahwa dengan pendidikan yang baik dapat memperoleh pekerjaan
yang baik maka dapat memenuhi materi yang baik pula. Tidak menonjolkan pribadi
maupun wawasan yang baik bagi para muridnya maupun para pengajarnya.
Rabu, 20 Juni 2012
anak lalan: anak lalan: KATA-KATA CINTA ROMANTIS
anak lalan: anak lalan: KATA-KATA CINTA ROMANTIS: anak lalan: KATA-KATA CINTA ROMANTIS : KATA KATA CINTA ROMANTIS Cinta tidak pernah meminta, ia sentiasa memberi, cinta membawa penderitaan...
anak lalan: CERPEN CINTA REMAJA
anak lalan: CERPEN CINTA REMAJA: CINTA SEUMUR JAGUNG Sekitar dua tahun yang lalu, aku mengenalnya. Namanya Nada Anggraeni atau bisa ku panggil dia kak Nada. Pertama ku...
CERPEN CINTA REMAJA
CINTA SEUMUR JAGUNG
Sekitar dua tahun yang lalu, aku
mengenalnya. Namanya Nada Anggraeni atau bisa ku panggil dia kak Nada. Pertama
ku melihatnya, saat ku duduk terdiam disebuah taman yang sunyi. Aku hanya
berteman dengan kesepian. Kulihat dia berjalan dengan anggun membawa sebuah
buku digenggamannya. Kesepian dan kesunyian yang terjadi langsung hilang saat
ku lihat dia berjalan ke arahku.
Dia langsung menyapaku.
“Hai… dik!” katanya dengan suara
yang lembut.
“Iyaa kak!” jawabku dengan kaget.
“Adik kenapa?” tanyanya dengan
penasaran.
“Tidak apa-apa kak” jawabku
dengan gugup.
Sapaan itu membuatku terdiam
sesaat. Aku bertanya-tanya “Apakah aku sedang bermimpi?”, aku langsung mencubit
kedua pipiku. “Auuuuhh…..!!!” teriakku kesakitan. Kak Nada tersenyum melihat
aku melakukan hal bodoh itu.
Kak Nada kini duduk di sampingku,
kami bercerita tentang sekolah. Aku tidak bisa melakukan apa-apa saat di
dekatnya, kuhanya memandangi rerumputan dan bunga-bunga yang ada di sekitar.
Suara ranting yang bergesekan memberikan suara yang dapat memecahkan keheningan
di antara kami berdua. Tiba-tiba kak Nada menepuk pundakku dan berkata.
“Dik, kakak pulang dulu yah? Udah
sore nih.” Katanya
Aku kaget dan langsung berdiri di
hadapannya.
“Iya kak, nanti kakak dicari oleh
orang tua kakak” kataku dengan bahagia.
Cahaya senja menapaki tempat aku
berdiri. Membuat mata ini terpejam karena cahaya berwarna jingga yang mengarah
ke pupil mataku. Malam mulai menutup hari, sekarang aku akan pulang dan
melewati jalan setapak yang sunyi dan di kelilingi oleh pepohonan yang rimbun
menambah kesan bahwa sepinya hidupku.
Keesokan paginya sinar mentari
telah berada tepat diufuk timur, saat sang mentari kembali menyinari duniaku.
Aku melawan rasa kantuk yang sangat menggoda. Tapi, sebagai orang yang taat
beragama aku melawan rasa kantuk itu untuk menjalankan ibadah sholah subuh.
Setelah sholah aku menuju kamar mandi untuk membersihkan badan ini, kemudian
setelah badanku bersih, aku langsung memakai seragam sekolah dan menuju ke
sekolah untuk menemukan cerita baru. Sekarang aku sudah kelas VIII dan kak Nada
kelas IX di SMPN 1 Bulukumba
Sesampai di pintu gerbang
sekolah, aku kembali terdiam dan terpaku saat kak Nada berjalan di sampingku.
Aku langsung berhenti berjalan.
Tiba-tiba kak Nada menepuk
pundakku.
“Kenapa berhenti? Ayo jalan!”
katanya dengan senyum manisnya.
“………” aku hanya diam dan
menatapnya.
Sekali lagi dia tepuk pundakku
dan kali ini dia langsung mengenggam jemariku lalu menarikku masuk ke sekolah.
Sesuatu hal yang sangat indah di pagi yang berudara dingin. Sesampai di
parkiran kami berpisah karena ruagan kelas kami berjauhan. Sesampai dikelas
kuterduduk dan merasa kesepian di antara hiruk pikuk kelasku yang mayoritas
kaum hawa dibandingkan dengan kamu adam.
Aku tak sabar menunggu bel
istirahat berbunyi. Karena aku akan ke perpustakaan sekolah untuk bertemu
dengan kak Nada. Sekitar sejam aku memperhatikan penjelasan dari guruku. Saat
ku mendengar bel sekolah berbunyi, aku tak sengaja berteriak, “Yeeeeee…..!!”
semua teman-temanku melihatku dan menertawaiku melihat apa yang kulakukan.
Setelah membereskan buku dan
pulpen, aku langsung bergegas menuju perpustakaan sekolah. Sebelum menjelajahi
buku-buku yang tertata rapi, aku menulis namaku dulu di buku pengunjung dan
mencari nama kak Nada. Setelah itu selesai, aku memulai penjelajahanku di
buku-buku yang banyak, setelah mendapatkan apa yang kucari, aku langsung duduk
disamping kak Nada. Ku duduk disamping kak Nada, aku butuh modal nekad yang
besar untuk melakukan itu. Sesekali kami saling menatap tanpa terucap kata sama
sekali. Aku menganggap kak Nada sebagai saudaraku, meskipun dia adalah kakak
kelas tapi, dia sangat berarti bagiku. Dia memberikan sehelai kertas yang
bertuliskan “ AKU TELAH TERBIASA DENGAN HAL ITU”, awalnya kutak tau apa makna
dari kalimat itu. Tak berapa lama kemudian bel sekolah berbunyi itu artinya
kami harus ke kelas. Saat merapikan kursi kak Nada langsung membisikkan kata
yakni, “Dik, itu prinsip kakak..”. mendengar bisikan itu aku langsung bertekad
untuk menggunakan prinsip itu.
Percaya atau tidak, banyak yang
menganggap aku dan kak Nada pacaran. Tak tau gosip ini beredar dari siapa. Tapi
gosip ini menyebar bagai angin yang selalu berada di sekeliling kita. Aku
kembali menuju ke kelas karena kak Nada akan ke kelasnya. Pelajaran kali ini
adalah bahasa Indonesia. Kami di beri tugas untuk membuat sebuah puisi. Dan aku
membuat
Sebuah puisi yang berjudul
“Kesepianku”.
Kesepianku
Ku terduduk disini
Hanya sinar lampu yang menyinari
Hanya sepi yang menemani
Tak ada seorang pun menemani
Mungkin aku tak layak
Mungkin aku tak pantas
Mungkin aku tak dapat
Mendapatkan kebahagian dunia
Bel tanda pulang pun berbunyi,
aku mengakhiri petualanganku hari ini disekolah. Ku berjalan keluar sekolah
bersama kak Nada. Setiap hari bersama kak Nada membuatku terbiasa berada di
dekatnya.
Selama ini aku berada di antara
kesunyian. Tapi, dengan hadirnya kak Nada kesepian itu mulai musnah. Kini
kebahagian bersama kak Nada telah memulihkan segalanya. Berbagi suka dan duka
bersama kak Nada adalah hal terindah yang pernah aku alami. Aku berdoa “yaa..
tuhan, kumohon agar waktu tidak berputar begitu cepat!” pintaku dengan penuh
harap. Kadang aku menyesali diriku karena aku tidak bisa membuat kak Nada
tersenyum di saat aku berada didekatnya.
Sesampai dirumah aku langsung
merebahkan diriku di ranjang. Aku membayangkan jika kak Nada sudah lulus dari
sekolah ini, mungkin aku akan seperti pulpen tanpa tinta. Disimpan dan
diacuhkan. Sekitar seminggu lagi kak Nada akan melaksankan Ujian Nasional.
Malam kembali menutup hariku,
kini aku lelah dan ingin beristirahat. Tapi, mataku tak ingin tertutup karena
membayangkan hal yang memilukan itu dan menerka-nerka apa yang terjadi besok.
Kuingin hariku selalu bahagia, bersama-sama dengan kak Nada.
Kini mataku terasa berat dan kini
ku terlelap dengan suara tetesan air hujan yang jatuh ke atas permukaan bumi
dan ditemani oleh hawah dingin yang menusuk kaki tapi, menambah nikmatnya malam
ini. Ku bermimpi dan berteriak menyerukan namanya, “kak Nadaaaa…..”, aku
terbangun dari mimpi yang tak jelas ini. Mungkin karena kak Nada selalu berada
dibenakku.
Mimpi ini membuat tenggorokanku
kering, aku langsung berjalan menuju dapur untuk mencari gelas untuk ku tempati
air sebagai pelepas dahagaku ini. Saat minum ku mendengar suara kehidupan malam
yang terjadi disekitarku. Suara jangkrik-jangkrik yang memilih nada yang
harmonis bagiku dan dapat memecahkan kesunyian malam ini. Setelah minum aku
langsung menuju ranjang dan melanjutkan tidurku.
Keesokan paginya aku hanya
terbaring dikasur karena hari ini libur UN. Sekitar seminggu aku libur, hanyut
dalam kesunyian. Aku sibuk dengan kesibukanku yakni dengan bermain game online,
orang tua dan adikku juga sibuk dengan kesibukan mereka.
Terkadang aku ingin libur karena
aku dapat terbebas dari tugas sekolah yang menumpuk. Tapi terkadang juga aku
ingin sekolah karena aku rindu suasana sekolah tempat dimana ku dapat
mendapatkan pengalaman baru bersama teman-teman dan terutama kak Nada.
Besok aku akan ke sekolah karena
besok sudah sekolah. Rasanya aku tak ingin ke sekolah sebab kak Nada tidak
datang ke sekolah. Tapi apa boleh buat aku harus ke sekolah. Seperti hari-hari
biasanya tapi kini berbeda tanpa kak Nada berjalan disampingku. Jam istirahat
ku habiskan ditaman sekolah, dan tidak ke perpustakaan. Ini terjadi selama
sebulan lebih dan semua terasa seperti dulu, iya yakni kesunyian. Aku dengar,
besok akan diadakan perpisahan siswa kelas IX disekolahku. Itu berarti besok
saat yang tepat untuk meluapkan rasa rinduku kepada kak Nada.
Aku pulang dengan wajah yang
murung. Aku berjalan dengan pelan memerhatikan semuanya. Aku berfikir kalau
hewan-hewan ini sedang menatapku. Mungkin mereka bertanya-tanya “Kenapa anak
muda itu?”, ahh itu hanya khayalan belaka. Tiba dirumah aku langsug berbaring
karena udara dingin yang menusuk kaki yang nikmat untuk tidur.
Aku tertidur hingga sang mentari
kembali keperaduannya. Aku terbangun untuk makan dan mengerjakan tugas dari
guru tadi waktu disekolah. Setelah semua selesai aku
langsung tertidur karena lelah
mengerjakan tugas yang banyak tadi.
Keesokan paginya, aku tak kuasa
berjalan karena ku tau hari ini adalah hari yang menyedihkan. Berpisah dengan
kak Nada itu sungguh berat. Dia adalah sosok kakak yang sangat berharga
bagiku.sekitar dua tahun lalu ku mengenalnya tapi itu waktu yang singkat. Tapi sebagaian
orang yang mengatakan itu lama. Tapi itu singkat. Saat berjalan menuju aula
sekolah, aku dan kak Nada berpelukkan, kurasakan hangat kasih sayang dari
seorang kakak yang dapat membuatku bahagia. Hingga kulihat dia menteskan air
matanya.
Aku langsung memegang kedua
bahunya dan berdiri di hadapannya.
“Kak jangan menangis donk, adik
juga sedih melihatnya”
“Kakak gak nangis kok dik, kakak
bahagia dapat bersama adik”
“kitakan bisa bertemu lagi tahun
depan di SMA”
“Adik janji yah?”
“Iya kak.. adik janji kok”
Momen indah ini tidak berlangsung
lama, aku berdiri diantara kesedihan yang melanda kakak kelas yang sudah ingin
meninggalkan guru dan adik-adik kelasnya. Setelah acara selesai aku langsung
menghampiri kak Nada untuk menuju pintu gerbang dan kak Nada pun pulang.
Sejak saat itu aku tidak pernah
bertemu dengan kak Nada lagi. Setiap aku ke rumahnya dia tidak ada, mungkin dia
sibuk dengan kesibukannya sendiri. Aku kembali menyusuri jalan hidup yang hanya
berisi kesunyian. Selamat jalan kak Nada.
SELESAI
Oleh : Heru Dirga
Senin, 18 Juni 2012
anak lalan: KATA-KATA CINTA ROMANTIS
anak lalan: KATA-KATA CINTA ROMANTIS: KATA KATA CINTA ROMANTIS Cinta tidak pernah meminta, ia sentiasa memberi, cinta membawa penderitaan, tetapi tidak pernah berdendam, tak ...
KATA-KATA CINTA ROMANTIS
KATA
KATA CINTA ROMANTIS
Cinta tidak pernah meminta, ia
sentiasa memberi, cinta membawa penderitaan, tetapi tidak pernah berdendam, tak
pernah membalas dendam. Di mana ada cinta di situ ada kehidupan; manakala kebencian
membawa kepada kemusnahan.~ Mahatma Ghandi
Tuhan memberi kita dua kaki
untuk berjalan, dua tangan untuk memegang, dua telinga untuk mendengar dan dua
mata untuk melihat. Tetapi mengapa Tuhan hanya menganugerahkan sekeping hati
pada kita? Karena Tuhan telah memberikan sekeping lagi hati pada seseorang
untuk kita mencarinya. Itulah namanya Cinta.
Ada 2 titis air mata mengalir
di sebuah sungai. Satu titis air mata tu menyapa air mata yg satu lagi,” Saya
air mata seorang gadis yang mencintai seorang lelaki tetapi telah
kehilangannya. Siapa kamu pula?”. Jawab titis air mata kedua tu,” Saya air mata
seorang lelaki yang menyesal membiarkan seorang gadis yang mencintai saya
berlalu begitu sahaja.”
Cinta sejati adalah ketika dia
mencintai orang lain, dan kamu masih mampu tersenyum, sambil berkata: aku turut
bahagia untukmu.
Jika kita mencintai seseorang,
kita akan sentiasa mendoakannya walaupun dia tidak berada disisi kita.
Jangan sesekali mengucapkan
selamat tinggal jika kamu masih mau mencoba. Jangan sesekali menyerah jika kamu
masih merasa sanggup. Jangan sesekali mengatakan kamu tidak mencintainya lagi
jika kamu masih tidak dapat melupakannya.
Perasaan cinta itu dimulai
dari mata, sedangkan rasa suka dimulai dari telinga. Jadi jika kamu mahu
berhenti menyukai seseorang, cukup dengan menutup telinga. Tapi apabila kamu
Coba menutup matamu dari orang yang kamu cintai, cinta itu berubah menjadi
titisan air mata dan terus tinggal dihatimu dalam jarak waktu yang cukup lama.
Cinta datang kepada orang yang
masih mempunyai harapan walaupun mereka telah dikecewakan. Kepada mereka yang
masih percaya, walaupun mereka telah dikhianati. Kepada mereka yang masih ingin
mencintai, walaupun mereka telah disakiti sebelumnya dan kepada mereka yang
mempunyai keberanian dan keyakinan untuk membangunkan kembali kepercayaan.
Jangan simpan kata-kata cinta
pada orang yang tersayang sehingga dia meninggal dunia , lantaran akhirnya kamu
terpaksa catatkan kata-kata cinta itu pada pusaranya . Sebaliknya ucapkan
kata-kata cinta yang tersimpan dibenakmu itu sekarang selagi ada hayatnya.
Mungkin Tuhan menginginkan
kita bertemu dan bercinta dengan orang yang salah sebelum bertemu dengan orang
yang tepat, kita harus mengerti bagaimana berterima kasih atas kurniaan itu.
Cinta bukan mengajar kita
lemah, tetapi membangkitkan kekuatan. Cinta bukan mengajar kita menghinakan
diri, tetapi menghembuskan kegagahan. Cinta bukan melemahkan semangat, tetapi
membangkitkan semangat -Hamka
Cinta dapat mengubah pahit
menjadi manis, debu beralih emas, keruh menjadi bening, sakit menjadi sembuh,
penjara menjadi telaga, derita menjadi nikmat, dan kemarahan menjadi rahmat.
Sungguh menyakitkan mencintai
seseorang yang tidak mencintaimu, tetapi lebih menyakitkan adalah mencintai
seseorang dan kamu tidak pernah memiliki keberanian untuk menyatakan cintamu
kepadanya.
Hal yang menyedihkan dalam
hidup adalah ketika kamu bertemu seseorang yang sangat berarti bagimu. Hanya
untuk menemukan bahawa pada akhirnya menjadi tidak bererti dan kamu harus
membiarkannya pergi.
Kamu tahu bahwa kamu sangat
merindukan seseorang, ketika kamu memikirkannya hatimu hancur berkeping.
Dan hanya dengan mendengar
kata “Hai” darinya, dapat menyatukan kembali kepingan hati tersebut.
Tuhan ciptakan 100 bahagian
kasih sayang. 99 disimpan disisinya dan hanya 1 bahagian diturunkan ke dunia.
Dengan kasih sayang yang satu bahagian itulah, makhluk saling berkasih sayang
sehingga kuda mengangkat kakinya kerana takut anaknya terpijak.
Kadangkala kamu tidak
menghargai orang yang mencintai kamu sepenuh hati, sehinggalah kamu
kehilangannya. Pada saat itu, tiada guna sesalan karena perginya tanpa berpatah
lagi.
Jangan mencintai seseorang
seperti bunga, kerana bunga mati kala musim berganti. Cintailah mereka seperti
sungai, kerana sungai mengalir selamanya.
Cinta mampu melunakkan besi,
menghancurkan batu, membangkitkan yang mati dan meniupkan kehidupan padanya
serta membuat budak menjadi pemimpin. Inilah dasyatnya cinta !
Permulaan cinta adalah membiarkan
orang yang kamu cintai menjadi dirinya sendiri, dan tidak merubahnya menjadi
gambaran yang kamu inginkan. Jika tidak, kamu hanya mencintai pantulan diri
sendiri yang kamu temukan di dalam dirinya.
Cinta itu adalah perasaan yang
mesti ada pada tiap-tiap diri manusia, ia laksana setitis embun yang turun dari
langit,bersih dan suci. Cuma tanahnyalah yang berlain-lainan menerimanya. Jika
ia jatuh ke tanah yang tandus,tumbuhlah oleh kerana embun itu kedurjanaan,
kedustaan, penipu, langkah serong dan lain-lain perkara yang tercela. Tetapi
jika ia jatuh kepada tanah yang subur,di sana akan tumbuh kesuciaan hati,
keikhlasan, setia budi pekerti yang tinggi dan lain-lain perangai yang
terpuji.~ Hamka
Kata-kata cinta yang lahir
hanya sekadar di bibir dan bukannya di hati mampu melumatkan seluruh jiwa raga,
manakala kata-kata cinta yang lahir dari hati yang ikhlas mampu untuk mengubati
segala luka di hati orang yang mendengarnya.
Kamu tidak pernah tahu bila
kamu akan jatuh cinta. namun apabila sampai saatnya itu, raihlah dengan kedua
tanganmu,dan jangan biarkan dia pergi dengan sejuta rasa tanda tanya dihatinya
Cinta bukanlah kata murah dan
lumrah dituturkan dari mulut ke mulut tetapi cinta adalah anugerah Tuhan yang
indah dan suci jika manusia dapat menilai kesuciannya.
Bukan laut namanya jika airnya
tidak berombak. Bukan cinta namanya jika perasaan tidak pernah terluka. Bukan
kekasih namanya jika hatinya tidak pernah merindu dan cemburu.
Bercinta memang mudah. Untuk
dicintai juga memang mudah. Tapi untuk dicintai oleh orang yang kita cintai
itulah yang sukar diperoleh.
Satu-satunya cara agar kita
memperolehi kasih sayang, ialah jangan menuntut agar kita dicintai, tetapi
mulailah memberi kasih sayang kepada orang lain tanpa mengharapkan balasan.
(Dale Carnagie)
Jika cinta tidak dapat
mengembalikan engkau kepadaku dalam kehidupan ini, pastilah cinta akan
menyatukan kita dalam kehidupan yang akan datang
Sungguh menyakitkan mencintai
seseorang yang tidak mencintaimu, tetapi lebih menyakitkan adalah mencintai
seseorang dan kamu tidak pernah memiliki keberanian untuk menyatakan cintamu
kepadanya.
Hal yang menyedihkan dalam
hidup adalah ketika kamu bertemu seseorang yang sangat berarti bagimu. Hanya
untuk menemukan bahawa pada akhirnya menjadi tidak bererti dan kamu harus
membiarkannya pergi.
Kamu tahu bahwa kamu sangat
merindukan seseorang, ketika kamu memikirkannya hatimu hancur berkeping.
Dan hanya dengan mendengar
kata “Hai” darinya, dapat menyatukan kembali kepingan hati tersebut.
Kadangkala kamu tidak
menghargai orang yang mencintai kamu sepenuh hati, sehinggalah kamu
kehilangannya. Pada saat itu, tiada guna sesalan karena perginya tanpa berpatah
lagi.
Kamu tidak pernah tahu bila
kamu akan jatuh cinta. namun apabila sampai saatnya itu, raihlah dengan kedua
tanganmu,dan jangan biarkan dia pergi dengan sejuta rasa tanda tanya dihatinya.
Bukan laut namanya jika airnya
tidak berombak. Bukan cinta namanya jika perasaan tidak pernah terluka. Bukan
kekasih namanya jika hatinya tidak pernah merindu dan cemburu.
Bercinta memang mudah. Untuk
dicintai juga memang mudah. Tapi untuk dicintai oleh orang yang kita cintai
itulah yang sukar diperoleh. Satu-satunya cara agar kita memperolehi kasih
sayang, ialah jangan menuntut agar kita dicintai, tetapi mulailah memberi kasih
sayang kepada orang lain tanpa mengharapkan balasan.
Salahlah bagi orang yang
mengira bahwa cinta itu datang kerana pergaulan yang lama dan rayuan yang terus
menerus.
Cinta adalah tunas pesona
jiwa, dan jika tunas ini tak tercipta dalam sesaat, ia takkan tercipta
bertahun-tahun atau bahkan
abad.
Ketika cinta memanggilmu maka
dekatilah dia walau jalannya terjal berliku, jika cinta memelukmu maka dakaplah
ia walau
pedang di sela-sela sayapnya
melukaimu.
Cinta tidak menyedari
kedalamannya dan terasa pada saat perpisahan pun tiba. Dan saat tangan
laki-laki menyentuh tangan
seorang perempuan mereka
berdua telah menyentuh hati keabadian.
Cinta adalah satu-satunya
kebebasan di dunia kerana cinta itu membangkitkan semangat- hukum-hukum
kemanusiaan dan gejala
alami pun tak mampu mengubah
perjalanannya.
Jika cinta tidak dapat
mengembalikan engkau kepadaku dalam kehidupan ini, pastilah cinta akan
menyatukan kita dalam
kehidupan yang akan datang
Jangan kau kira cinta datang
dari keakraban yang lama dan pendekatan yang tekun. Cinta adalah kesesuaian
jiwa dan jika
itu tak pernah ada, cinta tak
akan pernah tercipta dalam hitungan tahun bahkan abad.
Cinta berlalu di depan kita,
terbalut dalam kerendahan hati; tetapi kita lari daripadanya dalam ketakutan,
atau
bersembunyi di dalam
kegelapan; atau yang lain mengejarnya, untuk berbuat jahat atas namanya.
Setiap lelaki mencintai dua
orang perempuan, yang pertama adalah imaginasinya dan yang kedua adalah yang
belum dilahirkan.
Aku mencintaimu kekasihku,
sebelum kita berdekatan, sejak pertama kulihat engkau.
Aku tahu ini adalah takdir.
Kita akan selalu bersama dan tidak akan ada yang memisahkan kita.
Setiap orang muda pasti
teringat cinta pertamanya dan mencuba menangkap kembali hari-hari asing itu,
yang kenangannya
mengubah perasaan direlung
hatinya dan membuatnya begitu bahagia di sebalik, kepahitan yang penuh misteri.
Aku ingin mencintaimu dengan
sederhana… seperti kata yang tak sempat diucapkan kayu kepada api yang
menjadikannya abu… Aku
ingin mencintaimu dengan
sederhana… seperti isyarat yang tak sempat dikirimkan awan kepada hujan yang
menjadikannya tiada.
Jangan menangis, Kekasihku…
Janganlah menangis dan berbahagialah, kerana kita diikat bersama dalam cinta.
Hanya dengan
cinta yang indah… kita dapat
bertahan terhadap derita kemiskinan, pahitnya kesedihan, dan duka perpisahan.
Apa yang telah kucintai
laksana seorang anak yang tak henti-hentinya aku mencintai… Dan, apa yang
kucintai kini… akan
kucintai sampai akhir hidupku,
kerana cinta ialah semua yang dapat kucapai… dan tak ada yang akan mencabut
diriku dari
padanya
Cinta yang dibasuh oleh
airmata akan tetap murni dan indah sentiasa.
Langganan:
Postingan (Atom)