Kamis, 21 Juni 2012

Entrepreneur_anak lalan: FILSAFAT PENDIDIKAN / BAHASA INDONESIA / PGRI PALE...

Entrepreneur_anak lalan: FILSAFAT PENDIDIKAN / BAHASA INDONESIA / PGRI PALE...: FILSAFAT PENDIDIKAN 1.     a)  Pengertian,makna,tujuan dan peranan filsafat pendidikan ·          Pengertian Filsafat pendidik...

anak lalan: CIRI - CIRI MANUSIA

anak lalan: CIRI - CIRI MANUSIA: JATI DIRI MANUSIA I.  manusia adalah mahluk paling sempurna Memahami manusia melalui akal manusia saja akan menyebabkan kesesatan. Hal...

anak lalan: FILSAFAT PENDIDIKAN / BAHASA INDONESIA / PGRI PALE...

anak lalan: FILSAFAT PENDIDIKAN / BAHASA INDONESIA / PGRI PALE...: FILSAFAT PENDIDIKAN 1.     a)  Pengertian,makna,tujuan dan peranan filsafat pendidikan ·          Pengertian Filsafat pendidik...

FILSAFAT PENDIDIKAN / BAHASA INDONESIA / PGRI PALEMBANG


FILSAFAT PENDIDIKAN

1.    a)  Pengertian,makna,tujuan dan peranan filsafat pendidikan

·         Pengertian

Filsafat pendidikan adalah kaidah filosofis dalam bidang pendidikan yang menggambarkan aspek­-aspek pelaksanaan falsafah umum dan menitikberatkan pada pelaksanaan prinsip-prinsip dan kepercayaan yang menjadi dasar dari filsafat umum dalam upaya memecahkan persoalan-persoal­an pendidikan secara praktis.

·         Makna
Makna dari filsafat pendidikan yaitu upaya mengembangkan potensi-potensi manusiawi peserta didik baik potensi fisik, potensi cipta, rasa, maupun karsanya, agar potensi itu menjadi nyata dan dapat berfungsi dalam perjalanan hidupnya.

·         Tujuan
o   Memberikan landasan dan sekaligus mengarahkan kepada proses pelaksanaan pendidikan.
o   Membantu mempejelas tujuan-tujuan pendidikan;
o   Melaksanakan kritik dan koreksi terhadap proses pelaksanaan tersebut;
o   Melakukan evaluasi terhadap metode dari proses pendidikan;

·         Peranan
Peranan filsafat pendidikan memberikan inspirasi, yakni menyatakan tujuan pendidikan negara bagi masyarakat, memberikan arah yang jelas dan tepat dengan mengajukan pertanyaan tentang kebijakan pendidikan dan praktik di lapangan dengan menggunakan rambu-rambu dari teori pendidik.

b)  Hubungan antara filsafat,ilmu dan pengetahuan
Filsafat dalam usahanya mencari jawaban atas pertanyaan-pertanyaan pokok yang kita ajukan harus memperhatikan hasil-hasil ilmu pengetahuan. Ilmu pengetahuan dalam usahanya menemukan rahasia alam kodrat haruslah mengetahui anggapan kefilsafatan mengenai alam kodrat tersebut. Filsafat mempersoalkan istilah-istilah terpokok dari ilmu pengetahuan dengan suatu cara yang berada di luar tujuan dan metode ilmu pengetahuan.
Hubungan antara filsafat dan pendidikan terkait dengan persoalan logika, yaitu: logika formal yang dibangun atas prinsif koherensi, dan logika dialektis dibangun atas prinsip menerima dan membolehkan kontradiksi. Hubungan interakif antara filsafat dan pendidikan berlangsung dalam lingkaran kultural dan pada akhirnya menghasilkan apa yang disebut dengan filsafat pendidikan.selain itu ilmu merupakan bagian dari filsafat, sehingga definisi tentang ilmu bergantung pada sistem filsafat yang dianut.

2.  Kaitan landasan dengan filsafat

·         Landasan ontologis
Menjelaskan pemikiran tentang  asal usul kejadian alam semesta dari mana dan ke arah mana proses kejadianya.

·         Landasan epistemologis
Suatu pemikiran yang menyatakan apa dan bagaimana sumber pengetahuan di peroleh.apakah dari akal pikiran (rationalisme) atau dari Pendalaman Panca indra (empirisme) atau dari ide ide (aliran idealisme) atau aliran dari Tuhan (Theologisme). epistemologi adalah bidang tugas filsafat yang mencakup identifikasi dan pengujian kriteria pengetahuan dan kebenaran.

·         Landasan aksiologis
Pemikiran tentang nilai-nilai tinggi dari Tuhan,misalnya nilai moral,nilai agama,dan nilai keindahan (estetika)


3.    a)  Macam-macam aliran

·         Idealisme
Idealisme berpendapat bahwa hakikat kenyataan dunia adalah ide yang sifatnya rohani atau intelegensi..Tentang teori pengetahuan, idealisme mengemukakan bahwa pengetahuan yang diperoleh melalui indera tidak pasti dan tidak lengkap karena dunia hanyalah merupakan tiruan belaka, sifatnya maya yang menyimpang dari kenyataan sebenarnya.Selain itu, menurut pandangan idealisme, nilai adalah absolut. Apa yang dikatakan baik, benar, salah, cantik atau jelek secara fundamental tidak berubah, melainkan tetap dan tidak diciptakan manusia.

Idealismememiliki tujuan pendidikan yang pasti dan abadi, di mana tujuan itu berada di luar kehidupan manusia, yaitu manusia yang mampu mencapai dunia cita, manusia yang mampu mencapai dan menikmati kehidupan abadi yang berasal dari Tuhan.

·         Realisme
Aliran ini berpendapat bahwa dunia rohani dan dunia materi merupakan hakikatyang asli dan abadi. Kneller membagi realisme menjadi dua :
o   Realisme rasional, memandang bahwa dunia materi adalah nyata dan berada diluar pikiran yang mengamatinya, terdiri dari realisme klasik dan realismereligius.
o   Realisme natural ilmiah, memandang bahwa dunia yang kita amati bukan hasilkreasi akal manusia, melainkan dunia sebagaimana adanya, dan substansialitas,sebab akibat, serta aturan-aturan alam merupakan suatu penampakan dari duniaitu sendiri.

·         Materialisme
Materialisme berpandangan bahwa realisme adalah materi, bukan rohani, spiritual,atau supernatural. Cabang materialisme yang banyak dijadikan landasan berpikir adalah positivisme yang menganggap jika sesuatu itu memang ada, maka adanya itu adalah jumlah yang dapat diamati dan diukur. Oleh karena itu, positivisme hanya mempelajari yang berdasarkan fakta atau data yang nyata.

·         Pragmatisme
Pragmatisme merupakan aliran paham dalam filsafat yang tidak bersikap mutlak,tidak doktriner, tetapi relatif atau tergantung pada kemampuan manusia. Dalam pragmatisme, makna segala sesuatu dilihat dari hubungannya dengan apa yang dapat dilakukan, atau benar tidaknya suatu ucapan, dalil, dan teori, semata-mata bergantung pada manusia dalam bertindak. Menurut pragmatisme, pendidikan bukan merupakan proses pembentukan dari luar dan juga bukan pemerkahan kekuatan laten dengan sendirinya, melainkan proses reorganisasi dan rekonstruksi dari pengalaman individu.

·         Eksistensialisme
Eksistensialisme adalah aliran yang menekankan pilihan kreatif, subjektivitas pengalaman manusia, dan tindakan konkret dari keberadaan manusia atas setiap skema rasional untuk hakekat manusia atau realitas. Menurut eksistensialisme, pengetahuan manusia tergantung pada pemahamannya tentang realitas, interpretasinya terhadap realitas, dan pengetahuan yang diberikan di sekolah bukan sebagai alat untuk memperoleh pekerjaan, tetapi untuk alat pekembangan dan pemenuhan diri secara pribadi.


b) Tokoh

·         Idealisme
Tokoh-tokoh dalam aliran ini adalah: Plato, Elea dan Hegel, Emanuael Kant, David Hume, Al Ghazali

·         Realisme
Beberapa tokoh yang beraliran realisme: Aristoteles, Johan Amos Comenius, Wiliam Mc Gucken, Francis Bacon, John Locke, Galileo, David Hume, John Stuart Mill.

·         Materialisme
Beberapa tokoh yang beraliran materialisme: Demokritos, Ludwig Feurbach.



·         Pragmatisme
Beberapa tokoh yang menganut filsafat ini adalah: Charles sandre Peirce, wiliam James, John Dewey, Heracleitos.

·         Eksistensialisme
Beberapa tokoh dalam aliran ini: Jean Paul Satre, Soren Kierkegaard, Martin Buber, Martin Heidegger, Karl Jasper, Gabril Marcel, Paul Tillich.


c)  Konsep dasar
·         Idealisme
Konsep filsafat menurut aliran idealisme adalah:
o   Metafisika-idealisme; Secara absolut kenyataan yang sebenarnya adalah spiritual dan rohaniah, sedangkan secara kritis yaitu adanya kenyataan yang bersifat fisik dan rohaniah, tetapi kenyataan rohaniah yang lebih dapat berperan;
o   Humanologi-idealisme; Jiwa dikarunai kemampuan berpikir yang dapat menyebabkan adanya kemampuan memilih;
o   Epistemologi-idealisme; Pengetahuan yang benar diperoleh melalui intuisi dan pengingatan kembali melalui berpikir. Kebenaran hanya mungkin dapat dicapai oleh beberapa orang yang mempunyai akal pikiran yang cemerlang; sebagian besar manusia hanya sampai pada tingkat berpendapat;
o   Aksiologi-idealisme; Kehidupan manusia diatur oleh kewajiban-kewajiban moral yang diturunkan dari pendapat tentang kenyataan atau metafisika

·         Realisme
Konsep filsafat menurut aliran realisme adalah:
o   Metafisika-realisme; Kenyataan yang sebenarnya hanyalah  kenyataan fisik (materialisme); kenyataan material dan imaterial (dualisme), dan kenyataan yang terbentuk dari berbagai  kenyataan (pluralisme);
o   Humanologi-realisme; Hakekat manusia terletak pada apa yang dapat dikerjakan. Jiwa merupakan sebuah organisme kompleks yang mempunyai kemampuan berpikir;
o   Epistemologi-realisme; Kenyataan hadir dengan sendirinya tidak tergantung pada pengetahuan dan gagasan manusia, dan kenyataan dapat diketahui oleh pikiran. Pengetahuan dapat diperoleh melalui penginderaan. Kebenaran pengetahuan dapat dibuktikan dengan  memeriksa kesesuaiannya dengan fakta;
o   Aksiologi-realisme; Tingkah laku manusia diatur oleh hukum-hukum alam yang diperoleh melalui ilmu, dan pada taraf yang lebih rendah diatur oleh kebiasaan-kebiasaan atau adat-istiadat yang telah teruji dalam kehidupan.
·         Materialisme
      Konsep dasarnya Yakni bahwa hakikat itu bersifat   materi. Filsafat Pendidikan Materialisme berpandangan bahwa hakikat realisme adalah materi, bukan rohani, spiritual atau supernatural

·         Pragmatisme
o   Metafisika: pragmatisme anti metafisika, suatu teori umum tentang kenyataan tidaklah mungkin dan tidak perlu. Manusia adalah hasil evolusi biologis, psikologis dan sosial.
o   Manusia: Manusia adalah hasil evolusi biologis, pikologis, dan social.
o   Epistemologi: pengetahuan yang benar diperoleh melalui pengalaman dan berpikir (scientific method). Pengetahuan adalah relative.
o   Aksiologi: ukuran tingkah laku individual dan social di tentukan secara eksperimental dalam pengalaman hidup.

·         Eksistensialisme
filsafat harus bertitik tolak pada manusia yang kongkret, yaitu manusia sebagai eksistensi, dan sehubungan dengan titik tolak ini. maka bagi manusia eksistensi itu mendahului esensi. Filsafat Pendidikan Eksistensialisme memfokuskan pada pengalaman-pengalaman individu. Secara umum, eksistensialisme menekankan pilihan kreatif, subjektifitas pengalaman manusia dan tindakan kongkrit dari keberadaan manusia atas setiap skema rasional untuk hakekat manusia atau realitas.

d)  Manfaatnya dalam pendidikan
·         Idealisme
Dalam hubungannya dengan pendidikan, idealisme memberi sumbangan yang besar tehadap perkembangan filsafat pendidikan. Kaum idealis percaya bahwa anak merupakan bagian dari alam spiritual, yang memiliki pembawaan spiritual sesuai potensialitasnya. Oleh karena itu, pendidikan harus mengajarkan hubungan antara anak dengan bagian alam spiritual. Pendidikan harus menekankan kesesuian batin antara anak dan alam semesta. Pendidikan merupakan pertumbuhan ke arah tujuan pribadi manusia yang ideal. Pendidik yang idealisme mewujudkan sedapat mungkin watak yang terbaik. Pendidik harus memandang anak sebagai tujuan, bukan sebagai alat.

·         Realisme
o   Memberikan Tujuan pendidikan: pendidikan bertujuan untuk penyesuaian diri dalam hidup dan mampu melaksanakan tanggungjawab sosial.
o   Memberikan Kurikulum/isi pendidikan: Harus bersifat komprehensif yang berisi sains, matematika, ilmu-ilmu kemanusiaan dan ilmu social, serta nilai-nilai.
o   Memberikan Metode: Metode hendaknya bersifat logis dan psikologis.
o   Memberi Peranan pendidik dan peserta didik: Pendidik adalah pengelola kegiatan belajar-mengajar (classroom is teacher-centered). Sedangkan peserta didik berperan untuk menguasai pengetahuan, taat pada aturan dan berdisplin.

·         Pragmatisme
o   Tujuan pendidikan: pendidikan adalah pertumbuhan sepanjang hayat, proses rekontruksi yang berlangsung terus menerus dari pengalaman yang terakumulasi dan sebuah proses social. Tujuan pendidikan adalah memperoleh pengalaman yang berguna memecahkan masalah-masalah dalamkehidupan individual maupun social..
o   Kurikulum/isi pendidikan: Kurikulum mungkin berubah, warisan-warisan sosial dari masa lalu tidak menjadi fokus perhatian. Pendidiakn terfokus pada kehidupan yang baik pada saat ini dan masa datang bagi individu, dan secara besamaan masyarakat dikembangkan.
o   Metode: Menguatamakan metode pemecahan masalah, penyelidikan dan penemuan.
o   Peranan pendidik dan peserta didik: Pendidk yaitu memimpin dan membimbing pesrta didik belajar tanpa ikut campur terlalu atas minat dan kebutuhan siswa. Peserta didik berperan sebagai organisme yang rumit yang mampu tumbuh.


·         Materialisme
inilah awal dari dasar pendidikan Indonesia. Dimana anggapan bahwa dengan uang yang baik maka pendidikan yang baik dapat terpenuhi. Para guru mengingatkan siswa bahwa dengan pendidikan yang baik dapat memperoleh pekerjaan yang baik maka dapat memenuhi materi yang baik pula. Tidak menonjolkan pribadi maupun wawasan yang baik bagi para muridnya maupun para pengajarnya.

Rabu, 20 Juni 2012

anak lalan: anak lalan: KATA-KATA CINTA ROMANTIS

anak lalan: anak lalan: KATA-KATA CINTA ROMANTIS: anak lalan: KATA-KATA CINTA ROMANTIS : KATA KATA CINTA ROMANTIS Cinta tidak pernah meminta, ia sentiasa memberi, cinta membawa penderitaan...

anak lalan: CERPEN CINTA REMAJA

anak lalan: CERPEN CINTA REMAJA: CINTA SEUMUR JAGUNG Sekitar dua tahun yang lalu, aku mengenalnya. Namanya Nada Anggraeni atau bisa ku panggil dia kak Nada. Pertama ku...

CERPEN CINTA REMAJA


CINTA SEUMUR JAGUNG

Sekitar dua tahun yang lalu, aku mengenalnya. Namanya Nada Anggraeni atau bisa ku panggil dia kak Nada. Pertama ku melihatnya, saat ku duduk terdiam disebuah taman yang sunyi. Aku hanya berteman dengan kesepian. Kulihat dia berjalan dengan anggun membawa sebuah buku digenggamannya. Kesepian dan kesunyian yang terjadi langsung hilang saat ku lihat dia berjalan ke arahku.
Dia langsung menyapaku.

“Hai… dik!” katanya dengan suara yang lembut.
“Iyaa kak!” jawabku dengan kaget.
“Adik kenapa?” tanyanya dengan penasaran.
“Tidak apa-apa kak” jawabku dengan gugup.

Sapaan itu membuatku terdiam sesaat. Aku bertanya-tanya “Apakah aku sedang bermimpi?”, aku langsung mencubit kedua pipiku. “Auuuuhh…..!!!” teriakku kesakitan. Kak Nada tersenyum melihat aku melakukan hal bodoh itu.


Kak Nada kini duduk di sampingku, kami bercerita tentang sekolah. Aku tidak bisa melakukan apa-apa saat di dekatnya, kuhanya memandangi rerumputan dan bunga-bunga yang ada di sekitar. Suara ranting yang bergesekan memberikan suara yang dapat memecahkan keheningan di antara kami berdua. Tiba-tiba kak Nada menepuk pundakku dan berkata.

“Dik, kakak pulang dulu yah? Udah sore nih.” Katanya
Aku kaget dan langsung berdiri di hadapannya.
“Iya kak, nanti kakak dicari oleh orang tua kakak” kataku dengan bahagia.

Cahaya senja menapaki tempat aku berdiri. Membuat mata ini terpejam karena cahaya berwarna jingga yang mengarah ke pupil mataku. Malam mulai menutup hari, sekarang aku akan pulang dan melewati jalan setapak yang sunyi dan di kelilingi oleh pepohonan yang rimbun menambah kesan bahwa sepinya hidupku.

Keesokan paginya sinar mentari telah berada tepat diufuk timur, saat sang mentari kembali menyinari duniaku. Aku melawan rasa kantuk yang sangat menggoda. Tapi, sebagai orang yang taat beragama aku melawan rasa kantuk itu untuk menjalankan ibadah sholah subuh. Setelah sholah aku menuju kamar mandi untuk membersihkan badan ini, kemudian setelah badanku bersih, aku langsung memakai seragam sekolah dan menuju ke sekolah untuk menemukan cerita baru. Sekarang aku sudah kelas VIII dan kak Nada kelas IX di SMPN 1 Bulukumba

Sesampai di pintu gerbang sekolah, aku kembali terdiam dan terpaku saat kak Nada berjalan di sampingku. Aku langsung berhenti berjalan.

Tiba-tiba kak Nada menepuk pundakku.
“Kenapa berhenti? Ayo jalan!” katanya dengan senyum manisnya.
“………” aku hanya diam dan menatapnya.

Sekali lagi dia tepuk pundakku dan kali ini dia langsung mengenggam jemariku lalu menarikku masuk ke sekolah. Sesuatu hal yang sangat indah di pagi yang berudara dingin. Sesampai di parkiran kami berpisah karena ruagan kelas kami berjauhan. Sesampai dikelas kuterduduk dan merasa kesepian di antara hiruk pikuk kelasku yang mayoritas kaum hawa dibandingkan dengan kamu adam.

Aku tak sabar menunggu bel istirahat berbunyi. Karena aku akan ke perpustakaan sekolah untuk bertemu dengan kak Nada. Sekitar sejam aku memperhatikan penjelasan dari guruku. Saat ku mendengar bel sekolah berbunyi, aku tak sengaja berteriak, “Yeeeeee…..!!” semua teman-temanku melihatku dan menertawaiku melihat apa yang kulakukan.

Setelah membereskan buku dan pulpen, aku langsung bergegas menuju perpustakaan sekolah. Sebelum menjelajahi buku-buku yang tertata rapi, aku menulis namaku dulu di buku pengunjung dan mencari nama kak Nada. Setelah itu selesai, aku memulai penjelajahanku di buku-buku yang banyak, setelah mendapatkan apa yang kucari, aku langsung duduk disamping kak Nada. Ku duduk disamping kak Nada, aku butuh modal nekad yang besar untuk melakukan itu. Sesekali kami saling menatap tanpa terucap kata sama sekali. Aku menganggap kak Nada sebagai saudaraku, meskipun dia adalah kakak kelas tapi, dia sangat berarti bagiku. Dia memberikan sehelai kertas yang bertuliskan “ AKU TELAH TERBIASA DENGAN HAL ITU”, awalnya kutak tau apa makna dari kalimat itu. Tak berapa lama kemudian bel sekolah berbunyi itu artinya kami harus ke kelas. Saat merapikan kursi kak Nada langsung membisikkan kata yakni, “Dik, itu prinsip kakak..”. mendengar bisikan itu aku langsung bertekad untuk menggunakan prinsip itu.

Percaya atau tidak, banyak yang menganggap aku dan kak Nada pacaran. Tak tau gosip ini beredar dari siapa. Tapi gosip ini menyebar bagai angin yang selalu berada di sekeliling kita. Aku kembali menuju ke kelas karena kak Nada akan ke kelasnya. Pelajaran kali ini adalah bahasa Indonesia. Kami di beri tugas untuk membuat sebuah puisi. Dan aku membuat

Sebuah puisi yang berjudul “Kesepianku”.
Kesepianku

Ku terduduk disini
Hanya sinar lampu yang menyinari
Hanya sepi yang menemani
Tak ada seorang pun menemani

Mungkin aku tak layak
Mungkin aku tak pantas
Mungkin aku tak dapat
Mendapatkan kebahagian dunia
Bel tanda pulang pun berbunyi, aku mengakhiri petualanganku hari ini disekolah. Ku berjalan keluar sekolah bersama kak Nada. Setiap hari bersama kak Nada membuatku terbiasa berada di dekatnya.

Selama ini aku berada di antara kesunyian. Tapi, dengan hadirnya kak Nada kesepian itu mulai musnah. Kini kebahagian bersama kak Nada telah memulihkan segalanya. Berbagi suka dan duka bersama kak Nada adalah hal terindah yang pernah aku alami. Aku berdoa “yaa.. tuhan, kumohon agar waktu tidak berputar begitu cepat!” pintaku dengan penuh harap. Kadang aku menyesali diriku karena aku tidak bisa membuat kak Nada tersenyum di saat aku berada didekatnya.

Sesampai dirumah aku langsung merebahkan diriku di ranjang. Aku membayangkan jika kak Nada sudah lulus dari sekolah ini, mungkin aku akan seperti pulpen tanpa tinta. Disimpan dan diacuhkan. Sekitar seminggu lagi kak Nada akan melaksankan Ujian Nasional.

Malam kembali menutup hariku, kini aku lelah dan ingin beristirahat. Tapi, mataku tak ingin tertutup karena membayangkan hal yang memilukan itu dan menerka-nerka apa yang terjadi besok. Kuingin hariku selalu bahagia, bersama-sama dengan kak Nada.
Kini mataku terasa berat dan kini ku terlelap dengan suara tetesan air hujan yang jatuh ke atas permukaan bumi dan ditemani oleh hawah dingin yang menusuk kaki tapi, menambah nikmatnya malam ini. Ku bermimpi dan berteriak menyerukan namanya, “kak Nadaaaa…..”, aku terbangun dari mimpi yang tak jelas ini. Mungkin karena kak Nada selalu berada dibenakku.

Mimpi ini membuat tenggorokanku kering, aku langsung berjalan menuju dapur untuk mencari gelas untuk ku tempati air sebagai pelepas dahagaku ini. Saat minum ku mendengar suara kehidupan malam yang terjadi disekitarku. Suara jangkrik-jangkrik yang memilih nada yang harmonis bagiku dan dapat memecahkan kesunyian malam ini. Setelah minum aku langsung menuju ranjang dan melanjutkan tidurku.
Keesokan paginya aku hanya terbaring dikasur karena hari ini libur UN. Sekitar seminggu aku libur, hanyut dalam kesunyian. Aku sibuk dengan kesibukanku yakni dengan bermain game online, orang tua dan adikku juga sibuk dengan kesibukan mereka.

Terkadang aku ingin libur karena aku dapat terbebas dari tugas sekolah yang menumpuk. Tapi terkadang juga aku ingin sekolah karena aku rindu suasana sekolah tempat dimana ku dapat mendapatkan pengalaman baru bersama teman-teman dan terutama kak Nada.

Besok aku akan ke sekolah karena besok sudah sekolah. Rasanya aku tak ingin ke sekolah sebab kak Nada tidak datang ke sekolah. Tapi apa boleh buat aku harus ke sekolah. Seperti hari-hari biasanya tapi kini berbeda tanpa kak Nada berjalan disampingku. Jam istirahat ku habiskan ditaman sekolah, dan tidak ke perpustakaan. Ini terjadi selama sebulan lebih dan semua terasa seperti dulu, iya yakni kesunyian. Aku dengar, besok akan diadakan perpisahan siswa kelas IX disekolahku. Itu berarti besok saat yang tepat untuk meluapkan rasa rinduku kepada kak Nada.

Aku pulang dengan wajah yang murung. Aku berjalan dengan pelan memerhatikan semuanya. Aku berfikir kalau hewan-hewan ini sedang menatapku. Mungkin mereka bertanya-tanya “Kenapa anak muda itu?”, ahh itu hanya khayalan belaka. Tiba dirumah aku langsug berbaring karena udara dingin yang menusuk kaki yang nikmat untuk tidur.

Aku tertidur hingga sang mentari kembali keperaduannya. Aku terbangun untuk makan dan mengerjakan tugas dari guru tadi waktu disekolah. Setelah semua selesai aku
langsung tertidur karena lelah mengerjakan tugas yang banyak tadi.

Keesokan paginya, aku tak kuasa berjalan karena ku tau hari ini adalah hari yang menyedihkan. Berpisah dengan kak Nada itu sungguh berat. Dia adalah sosok kakak yang sangat berharga bagiku.sekitar dua tahun lalu ku mengenalnya tapi itu waktu yang singkat. Tapi sebagaian orang yang mengatakan itu lama. Tapi itu singkat. Saat berjalan menuju aula sekolah, aku dan kak Nada berpelukkan, kurasakan hangat kasih sayang dari seorang kakak yang dapat membuatku bahagia. Hingga kulihat dia menteskan air matanya.

Aku langsung memegang kedua bahunya dan berdiri di hadapannya.
“Kak jangan menangis donk, adik juga sedih melihatnya”
“Kakak gak nangis kok dik, kakak bahagia dapat bersama adik”
“kitakan bisa bertemu lagi tahun depan di SMA”
“Adik janji yah?”
“Iya kak.. adik janji kok”

Momen indah ini tidak berlangsung lama, aku berdiri diantara kesedihan yang melanda kakak kelas yang sudah ingin meninggalkan guru dan adik-adik kelasnya. Setelah acara selesai aku langsung menghampiri kak Nada untuk menuju pintu gerbang dan kak Nada pun pulang.

Sejak saat itu aku tidak pernah bertemu dengan kak Nada lagi. Setiap aku ke rumahnya dia tidak ada, mungkin dia sibuk dengan kesibukannya sendiri. Aku kembali menyusuri jalan hidup yang hanya berisi kesunyian. Selamat jalan kak Nada.

SELESAI
Oleh : Heru Dirga

Senin, 18 Juni 2012

anak lalan: KATA-KATA CINTA ROMANTIS

anak lalan: KATA-KATA CINTA ROMANTIS: KATA KATA CINTA ROMANTIS Cinta tidak pernah meminta, ia sentiasa memberi, cinta membawa penderitaan, tetapi tidak pernah berdendam, tak ...

KATA-KATA CINTA ROMANTIS


KATA KATA CINTA ROMANTIS
Cinta tidak pernah meminta, ia sentiasa memberi, cinta membawa penderitaan, tetapi tidak pernah berdendam, tak pernah membalas dendam. Di mana ada cinta di situ ada kehidupan; manakala kebencian membawa kepada kemusnahan.~ Mahatma Ghandi

Tuhan memberi kita dua kaki untuk berjalan, dua tangan untuk memegang, dua telinga untuk mendengar dan dua mata untuk melihat. Tetapi mengapa Tuhan hanya menganugerahkan sekeping hati pada kita? Karena Tuhan telah memberikan sekeping lagi hati pada seseorang untuk kita mencarinya. Itulah namanya Cinta.

Ada 2 titis air mata mengalir di sebuah sungai. Satu titis air mata tu menyapa air mata yg satu lagi,” Saya air mata seorang gadis yang mencintai seorang lelaki tetapi telah kehilangannya. Siapa kamu pula?”. Jawab titis air mata kedua tu,” Saya air mata seorang lelaki yang menyesal membiarkan seorang gadis yang mencintai saya berlalu begitu sahaja.”

Cinta sejati adalah ketika dia mencintai orang lain, dan kamu masih mampu tersenyum, sambil berkata: aku turut bahagia untukmu.

Jika kita mencintai seseorang, kita akan sentiasa mendoakannya walaupun dia tidak berada disisi kita.

Jangan sesekali mengucapkan selamat tinggal jika kamu masih mau mencoba. Jangan sesekali menyerah jika kamu masih merasa sanggup. Jangan sesekali mengatakan kamu tidak mencintainya lagi jika kamu masih tidak dapat melupakannya.

Perasaan cinta itu dimulai dari mata, sedangkan rasa suka dimulai dari telinga. Jadi jika kamu mahu berhenti menyukai seseorang, cukup dengan menutup telinga. Tapi apabila kamu Coba menutup matamu dari orang yang kamu cintai, cinta itu berubah menjadi titisan air mata dan terus tinggal dihatimu dalam jarak waktu yang cukup lama.

Cinta datang kepada orang yang masih mempunyai harapan walaupun mereka telah dikecewakan. Kepada mereka yang masih percaya, walaupun mereka telah dikhianati. Kepada mereka yang masih ingin mencintai, walaupun mereka telah disakiti sebelumnya dan kepada mereka yang mempunyai keberanian dan keyakinan untuk membangunkan kembali kepercayaan.

Jangan simpan kata-kata cinta pada orang yang tersayang sehingga dia meninggal dunia , lantaran akhirnya kamu terpaksa catatkan kata-kata cinta itu pada pusaranya . Sebaliknya ucapkan kata-kata cinta yang tersimpan dibenakmu itu sekarang selagi ada hayatnya.

Mungkin Tuhan menginginkan kita bertemu dan bercinta dengan orang yang salah sebelum bertemu dengan orang yang tepat, kita harus mengerti bagaimana berterima kasih atas kurniaan itu.

Cinta bukan mengajar kita lemah, tetapi membangkitkan kekuatan. Cinta bukan mengajar kita menghinakan diri, tetapi menghembuskan kegagahan. Cinta bukan melemahkan semangat, tetapi membangkitkan semangat -Hamka

Cinta dapat mengubah pahit menjadi manis, debu beralih emas, keruh menjadi bening, sakit menjadi sembuh, penjara menjadi telaga, derita menjadi nikmat, dan kemarahan menjadi rahmat.

Sungguh menyakitkan mencintai seseorang yang tidak mencintaimu, tetapi lebih menyakitkan adalah mencintai seseorang dan kamu tidak pernah memiliki keberanian untuk menyatakan cintamu kepadanya.

Hal yang menyedihkan dalam hidup adalah ketika kamu bertemu seseorang yang sangat berarti bagimu. Hanya untuk menemukan bahawa pada akhirnya menjadi tidak bererti dan kamu harus membiarkannya pergi.

Kamu tahu bahwa kamu sangat merindukan seseorang, ketika kamu memikirkannya hatimu hancur berkeping.
Dan hanya dengan mendengar kata “Hai” darinya, dapat menyatukan kembali kepingan hati tersebut.

Tuhan ciptakan 100 bahagian kasih sayang. 99 disimpan disisinya dan hanya 1 bahagian diturunkan ke dunia. Dengan kasih sayang yang satu bahagian itulah, makhluk saling berkasih sayang sehingga kuda mengangkat kakinya kerana takut anaknya terpijak.

Kadangkala kamu tidak menghargai orang yang mencintai kamu sepenuh hati, sehinggalah kamu kehilangannya. Pada saat itu, tiada guna sesalan karena perginya tanpa berpatah lagi.

Jangan mencintai seseorang seperti bunga, kerana bunga mati kala musim berganti. Cintailah mereka seperti sungai, kerana sungai mengalir selamanya.

Cinta mampu melunakkan besi, menghancurkan batu, membangkitkan yang mati dan meniupkan kehidupan padanya serta membuat budak menjadi pemimpin. Inilah dasyatnya cinta !

Permulaan cinta adalah membiarkan orang yang kamu cintai menjadi dirinya sendiri, dan tidak merubahnya menjadi gambaran yang kamu inginkan. Jika tidak, kamu hanya mencintai pantulan diri sendiri yang kamu temukan di dalam dirinya.

Cinta itu adalah perasaan yang mesti ada pada tiap-tiap diri manusia, ia laksana setitis embun yang turun dari langit,bersih dan suci. Cuma tanahnyalah yang berlain-lainan menerimanya. Jika ia jatuh ke tanah yang tandus,tumbuhlah oleh kerana embun itu kedurjanaan, kedustaan, penipu, langkah serong dan lain-lain perkara yang tercela. Tetapi jika ia jatuh kepada tanah yang subur,di sana akan tumbuh kesuciaan hati, keikhlasan, setia budi pekerti yang tinggi dan lain-lain perangai yang terpuji.~ Hamka

Kata-kata cinta yang lahir hanya sekadar di bibir dan bukannya di hati mampu melumatkan seluruh jiwa raga, manakala kata-kata cinta yang lahir dari hati yang ikhlas mampu untuk mengubati segala luka di hati orang yang mendengarnya.

Kamu tidak pernah tahu bila kamu akan jatuh cinta. namun apabila sampai saatnya itu, raihlah dengan kedua tanganmu,dan jangan biarkan dia pergi dengan sejuta rasa tanda tanya dihatinya

Cinta bukanlah kata murah dan lumrah dituturkan dari mulut ke mulut tetapi cinta adalah anugerah Tuhan yang indah dan suci jika manusia dapat menilai kesuciannya.

Bukan laut namanya jika airnya tidak berombak. Bukan cinta namanya jika perasaan tidak pernah terluka. Bukan kekasih namanya jika hatinya tidak pernah merindu dan cemburu.

Bercinta memang mudah. Untuk dicintai juga memang mudah. Tapi untuk dicintai oleh orang yang kita cintai itulah yang sukar diperoleh.

Satu-satunya cara agar kita memperolehi kasih sayang, ialah jangan menuntut agar kita dicintai, tetapi mulailah memberi kasih sayang kepada orang lain tanpa mengharapkan balasan. (Dale Carnagie)

Jika cinta tidak dapat mengembalikan engkau kepadaku dalam kehidupan ini, pastilah cinta akan menyatukan kita dalam kehidupan yang akan datang

Sungguh menyakitkan mencintai seseorang yang tidak mencintaimu, tetapi lebih menyakitkan adalah mencintai seseorang dan kamu tidak pernah memiliki keberanian untuk menyatakan cintamu kepadanya.

Hal yang menyedihkan dalam hidup adalah ketika kamu bertemu seseorang yang sangat berarti bagimu. Hanya untuk menemukan bahawa pada akhirnya menjadi tidak bererti dan kamu harus membiarkannya pergi.

Kamu tahu bahwa kamu sangat merindukan seseorang, ketika kamu memikirkannya hatimu hancur berkeping.
Dan hanya dengan mendengar kata “Hai” darinya, dapat menyatukan kembali kepingan hati tersebut.

Kadangkala kamu tidak menghargai orang yang mencintai kamu sepenuh hati, sehinggalah kamu kehilangannya. Pada saat itu, tiada guna sesalan karena perginya tanpa berpatah lagi.

Kamu tidak pernah tahu bila kamu akan jatuh cinta. namun apabila sampai saatnya itu, raihlah dengan kedua tanganmu,dan jangan biarkan dia pergi dengan sejuta rasa tanda tanya dihatinya.

Bukan laut namanya jika airnya tidak berombak. Bukan cinta namanya jika perasaan tidak pernah terluka. Bukan kekasih namanya jika hatinya tidak pernah merindu dan cemburu.

Bercinta memang mudah. Untuk dicintai juga memang mudah. Tapi untuk dicintai oleh orang yang kita cintai itulah yang sukar diperoleh. Satu-satunya cara agar kita memperolehi kasih sayang, ialah jangan menuntut agar kita dicintai, tetapi mulailah memberi kasih sayang kepada orang lain tanpa mengharapkan balasan.

Salahlah bagi orang yang mengira bahwa cinta itu datang kerana pergaulan yang lama dan rayuan yang terus menerus.

Cinta adalah tunas pesona jiwa, dan jika tunas ini tak tercipta dalam sesaat, ia takkan tercipta bertahun-tahun atau bahkan
abad.

Ketika cinta memanggilmu maka dekatilah dia walau jalannya terjal berliku, jika cinta memelukmu maka dakaplah ia walau
pedang di sela-sela sayapnya melukaimu.

Cinta tidak menyedari kedalamannya dan terasa pada saat perpisahan pun tiba. Dan saat tangan laki-laki menyentuh tangan
seorang perempuan mereka berdua telah menyentuh hati keabadian.

Cinta adalah satu-satunya kebebasan di dunia kerana cinta itu membangkitkan semangat- hukum-hukum kemanusiaan dan gejala
alami pun tak mampu mengubah perjalanannya.

Jika cinta tidak dapat mengembalikan engkau kepadaku dalam kehidupan ini, pastilah cinta akan menyatukan kita dalam
kehidupan yang akan datang

Jangan kau kira cinta datang dari keakraban yang lama dan pendekatan yang tekun. Cinta adalah kesesuaian jiwa dan jika
itu tak pernah ada, cinta tak akan pernah tercipta dalam hitungan tahun bahkan abad.

Cinta berlalu di depan kita, terbalut dalam kerendahan hati; tetapi kita lari daripadanya dalam ketakutan, atau
bersembunyi di dalam kegelapan; atau yang lain mengejarnya, untuk berbuat jahat atas namanya.

Setiap lelaki mencintai dua orang perempuan, yang pertama adalah imaginasinya dan yang kedua adalah yang belum dilahirkan.

Aku mencintaimu kekasihku, sebelum kita berdekatan, sejak pertama kulihat engkau.

Aku tahu ini adalah takdir. Kita akan selalu bersama dan tidak akan ada yang memisahkan kita.

Setiap orang muda pasti teringat cinta pertamanya dan mencuba menangkap kembali hari-hari asing itu, yang kenangannya
mengubah perasaan direlung hatinya dan membuatnya begitu bahagia di sebalik, kepahitan yang penuh misteri.

Aku ingin mencintaimu dengan sederhana… seperti kata yang tak sempat diucapkan kayu kepada api yang menjadikannya abu… Aku
ingin mencintaimu dengan sederhana… seperti isyarat yang tak sempat dikirimkan awan kepada hujan yang menjadikannya tiada.

Jangan menangis, Kekasihku… Janganlah menangis dan berbahagialah, kerana kita diikat bersama dalam cinta. Hanya dengan
cinta yang indah… kita dapat bertahan terhadap derita kemiskinan, pahitnya kesedihan, dan duka perpisahan.

Apa yang telah kucintai laksana seorang anak yang tak henti-hentinya aku mencintai… Dan, apa yang kucintai kini… akan
kucintai sampai akhir hidupku, kerana cinta ialah semua yang dapat kucapai… dan tak ada yang akan mencabut diriku dari
padanya

Cinta yang dibasuh oleh airmata akan tetap murni dan indah sentiasa.